• Home »
  • SERBA-SERBI »
  • Siswa SMK Penerbangan AAG Adisutjipto Bertugas Menjadi Paskibraka di Kecamatan Depok

Siswa SMK Penerbangan AAG Adisutjipto Bertugas Menjadi Paskibraka di Kecamatan Depok

image: http://depokkec.slemankab.go.id

Pertama kalinya, Paskibra Dikukuhkan oleh Camat

Peringatan HUT Ke-72 Kemerdekaan RI yang rutin digelar setiap bulan Agustus selalu diwarnai dengan ragam kegiatan. Salah satu kegiatan yang penting adalah upacara bendera peringatan detik-detik proklamasi dan upacara penurunan bendera / aubade. Panitia Peringatan HUT Ke-72 RI Kecamatan Depok pun turut serta akan menggelar Upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI tersebut. Guna menyukseskan upacara, telah terpilih 80 Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) dari pelajar SMA/SMK/MA sederajat di wilayah Kecamatan Depok.

Anggota Paskibra terpilih tersebut sudah menjalani latihan baik gladi kotor maupun gladi bersih dan siap untuk mengemban amanah tugas mulia tersebut. Sebagai seremoni dalam rangkaian upacara bendera, untuk pertama kalinya Paskibra Kecamatan Depok dikukuhkan oleh Drs. Budiharjo, M.Si. selaku Camat Depok. Upacara pengukuhan berlangsung di Pendopo Kecamatan Depok pada hari Selasa, 15 Agustus 2017 sekitar pukul 20.00. Acara tersebut diselenggarakan bersamaan dengan selesainya penilaian Festival Kenduri Mitoni.

Turut hadir dalam upacara yang mengharukan bagi anggota Paskibra Kecamatan Depok tersebut antara lain Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan Depok, karyawan/I Kecamatan Depok, Kepala Desa beserta perangkat Desa, Pelatih dan instruktur Paskibra, orang tua wali murid paskibra dan perwakiln sekolah. Sebelum dikukuhkan, anggota Paskibra mendapatkan pembekalan dan pemberian motivasi di Gedung Sasana Anglocita Tama oleh motivator Bapak Kristia Mintarja, S.Pd. M.Pd., S.T. yang juga berprofesi sebagai Kepala SMA N 1 Pakem. Mereka mendapatkan semangat untuk sukses mengemban amanah dan meraih cita-cita lebih baik.

Bertindak sebagai inspektur upacara Camat Depok dengan ajudan Agung Nugraha (staf Seksi Tramtib), Perwira Upacara Ag. Aris Widiyantara, S.Sos. (Kepala Seksi Tramtib), komandan upacara Aiptu Alim 9 Panit Babinkamtibmas Polsek Depok Barat). Sedangkan Pembawa bendera Merah Putih adalah Muhmmad Khoirul Zain, siswa SMK Penerbangan AAG Adi Sutjipto , dirigen Saudari Garnish Annisa Arianto dari  SMA Kolombo, pembaca ikrar Nova Hermansah dari SMK Penerbangan AAG Adi Sutjipto. Pembaca doa Bapak Drs. Eko Mardiyanto, M.Si. selaku Kepala KUA Kecamatan Depok. Protokoler dibawakan oleh Bripda Anisa Helida M dan Bripda Fitriana Puspita N dari Polsek Bulaksumur.

Setelah komandan upacara memberikan laporan, prosesi upacara dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Pengukuhan Paskibra pun dilaksanakan oleh Camat Depok. Usai dikukuhkan, Camat Depok memberikan sambutannya dan dilanjut dengan ikrar oleh anggota Paskibra. Sebagai wujud cinta Bendera Merah Putih, secara bergantian seluruh anggota Paskibra mencium Bendera Merah Putih dengan posisi timpuh, dengan kaki kanan diangkat seperti orang jongkok dengan diiringi narasi pengukuhan. Upacara diakhiri dengan laporan dan para anggota paskibra mendapatkan ucapan selamat dengan berjabat tangan oleh seluruh peserta dan tamu undangan yang hadir. Yel-yel pun diteriakkan anggota Paskibra untuk menambah semangat dan menggelorakan perjuangan dalam mengemban tugas pada 17 Agustus 2017 nanti di Lapangan Monumen Pancasila Sakti Kentungan. 

Sumber : http://depokkec.slemankab.go.id/pertama-kalinya-paskibra-dikukuhkan-oleh-camat.slm